Agar Nilai Ibadah Puasa Tak Berkurang, Ini Tips Hadapi Teman yang Gemar Bergosip


Agar Nilai Ibadah Puasa Tak Berkurang, Ini Tips Hadapi Teman yang Gemar Bergosip

Ketika menjalankan ibadah puasa, membicarakan hal negatif dari orang lain atau bergosip dapat mengurangi nilai puasa yang sedang kita lakukan. Namun, tidak jarang dalam lingkungan pekerjaan ada begitu banyak kepribadian seseorang tak sesuai dengan yang kita miliki contohnya seperti bergosip. Bahkan, mungkin Anda sudah pernah menjadi salah satu korban gosip tersebut.

Sebenarnya, menghadapi hal tersebut tak boleh dilakukan dengan hati panas. Jangan sampai nilai ibadah puasa menjadi berkurang hanya karena menanggapi gosip tersebut. Jika tak ingin ambil pusing, berikut beberapa tips menghadapi teman yang gemar bergosip.

Ingatkan Mengenai Sebuah Perbedaan

Saat seseorang sedang menggunjing orang lain, biasanya hal tersebut disebabkan karena orang tersebut memiliki budaya atau pun kebiasaan yang bertentangan. Anda Dapat mencoba untuk ingatkan teman, dan menyadarkan bila kita hidup dengan berbagai macam kebiasaan dan budaya. Gosip mungkin bagi orang lain sepele, namun nyatanya hal tersebut dapat menjadi awal keretakan.

Beri Respons yang Positif

Umumnya, seseorang yang suka bergosip ialah mereka yang tak percaya diri dan akhirnya menjelekkan orang lain. Ketika mendengar gosip atau kabar burung, lebih baik Anda berusaha mengingatkan teman bila mereka tak perlu membicarakan orang lain. Anda juga bisa memberikan pujian yang membuat mereka sadar jika bergosip merupakan hal yang salah.

Mengalihkan Topik

Ketika sedang berkumpul dengan rekan kerja yang senang bergunjing, Anda bisa mencoba membuat topik yang membahas hal lain dan tidak mengarah ke gosip. Namun, jika Anda juga sudah malas untuk menanggapinya, lebih baik tidak perlu berkomentar, biasanya mereka yang gemar bergosip akan merasa kurang nyaman jika tidak memperoleh perhatian.

Lebih Baik Menghindari

Sebenarnya, cara yang mudah agar tidak mendengarkan gosip ialah menghindari sumbernya. Anda tak perlu takut tidak asik hanya karena tak ingin mendengarkan gosip. Awalnya, mungkin Anda juga akan menjadi bahan gosip, namun semakin lama hal tersebut hilang dengan sendirinya.

Menjaga nilai ibadah puasa memang tidak mudah, ada saja hal-hal yang menjadi penghalang salah satunya bergosip. Bila ingin mencari tips menarik lain, klik disini.


0 komentar:

Posting Komentar