Berikut Cara Mengatasi Rasa Mual dan Muntah Pada Kehamilan


Rasa mual dan muntah pada ibu hamil sangatlah tidak nyaman ketika hamil. Mual dan muntah pada ibu hamil membuat sang ibu tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain tidak nyaman, rasa tidak bergairah, dan lesu pasti dirasakan oleh ibu hamil yang mengalami mual dan muntah. Munculnya mual dan muntah pada ibu hamil dapat disebabkan karena beberapa penyebab. 
Jika muncul rasa mual dan muntah tersebut, solusi yang tepat adalah segera atasi rasa mual dan muntah ini agar tidak muncul lagi. Jika mual dan muntah tidak segera diatasi, akibatnya sang ibu hamil akan dehidrasi dan kekurangan gizi. Karena mengeluarkan muntah terus menerus. Tentunya ada cara untuk menyembuhkan mual dan muntah agar sang ibu dapat terpenuhi kebutuhan gizinya. 
Akibat mual dan muntah secara terus menerus, mengakibatkan bayi dalam kandungan kekurangan gizi. Bukan tidak mungkin bayi yang terlahir nantinya mengalami kekurangan berat badan. Inilah pembahasan mengenai cara mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil.
Berikut Cara Mengatasi Rasa Mual dan Muntah Pada Kehamilan

Menurut alodokter.com, cara mengatasi mual dan muntah pada kehamilan adalah dengan beberapa cara berikut ini, diantaranya adalah :

a.    Makan dan minum dengan porsi yang sedikit, namun sering
b.    Konsumsi permen mint atau air jahe agar rasa mual hilang
c.    Istirahat yang cukup
d.    Minum suplemen vitamin B6 ataupun B1 sesuai rekomendasi dari dokter
e.    Mendapatkan pijatan untuk mangatasi rasa mual

Sedangkan dilansir dari hamil.co.id, cara mengatasi rasa mual dan muntah pada kehamilan adalah dengan cara sebagai berikut :

1.    Makan dengan porsi sedikit, namun sering
2.    Mengambil jeda sebentar saat bangun tidur dengan perlahan, jangan langsung bangun
3.    Menghindari makanan yang dapat menimbulkan gas didalam tubuh
4.    Jauhi makanan pedas, berminyak, dan berlemak. Karena dapat menimbulkan rasa mual
5.    Minum air mineral yang cukup, agar tidak dehidrasi
6.    Mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C
7.    Menghirup udara pagi dan olahraga pagi
8.    Mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin B6

Itulah cara-cara yang dapat digunakan dalam mengatasi mual dan muntah pada saat kehamilan. Intinya, cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara makan sedikit demi sedikit namun dilakukan dengan sering, mengambil jeda sebentar saat bangun tidur, mengonsumsi permen mint dan air jahe, istirahat yang cukup, hindari makanan pemicu  mual, mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B6 dan vitamin B1,  olahraga pagi, dan mendapatkan pijatan. Inilah kesimpulan cara mengatasi mual dan muntah pada kehamilan yang diambil dari beberapa sumber yang dapat diterapkan ketika mengalami mual dan muntah.

Cara-cara diatas harus diterapkan pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah. Cara-cara tersebut diharapkan dapat membantu ibu hamil dalam mengatasi rasa mual dan muntah. Selain cara diatas, menghindari faktor pemicu mual dan muntah juga harus dilakukan. Agar rasa mual dan muntah tidak berlangsung secara terus menerus. Dengan mengatasi rasa mual dan muntah, ibu hamil dapat menjalani aktivitas sehari-hari tanpa terganggu rasa mual dan muntah yang muncul. 

Selain itu dengan mengatasi rasa mual dan muntah, janin dalam rahim sang ibu akan terpenuhi gizi dan nutrisinya. Sehingga ketika lahir tidak mengalami kekurangan berat badan pada sang bayi. Demikian pemaparan dan pembahasan mengenai cara mengatasi rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Semoga pemaparan ini dapat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mengatasi rasa mual dan muntah. Semoga bermanfaat



0 komentar:

Posting Komentar