Cara Aman Membeli Rumah Secara Online

Cara Aman Membeli Rumah Secara Online

Kesibukan yang tinggi terkadang membuat orang tidak ada waktu untuk mencari rumah. Hal itu membuat banyak orang memilih mencari rumah secara online. Ini karena mencari rumah secara online bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan anda bisa melakukannya saat sedang bekerja atau di kantor. Anda hanya perlu memasukkan keyword untuk mencari pilihan rumahnya.

Namun, kekurangan dari cara ini ialah anda hanya disuguhi gambar dan keterangan dari penjual. Anda baru bisa melihat lokasi setelah berhubungan dengan penjualnya. Tak hanya itu saja, terkadang transaksi jual rumah secara online juga memiliki risiko penipuan yang cukup tinggi. Untuk itu, berikut beberapa tips agar anda tetap aman membeli rumah meski menggunakan cara online.

Tips Membeli Rumah Secara Online

Agar anda leluasa dan tetap tenang saat membeli rumah secara online, ada beberapa langkah yang sebaiknya anda ikuti dan pahami. Dengan memahami cara ini, setidaknya anda bisa lebih hati-hati bahkan bisa mencegah terjadinya penipuan. Apa saja caranya?

1. Cari ilmu atau info sebanyak-banyaknya soal transaksi rumah secara online

Sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli rumah secara online, anda harus banyak-banyak belajar soal transaksi online. Bagaimana kelebihannya, apa saja kekurangannya, dan apa saja hal yang harus diperhatikan saat anda memilih cara ini. 

Carilah info seputar broker, pengembang yang kredibel, ataupun badan-badan yang menyediakan KPR. Cari tahu semuanya sehingga anda memiliki bahan pertimbangan yang lengkap.

2. Cari situs jual rumah yang terpercaya

Carilah situs yang menyediakan anda pilihan rumah. Situs atau aplikasi ini akan membantu anda menemukan rumah sesuai lokasi yang anda inginkan. Misal anda ingin mencari lokasi rumah di daerah Sentul City. Anda bisa mengetikkan keyword rumah dijual di Sentul City. Hal ini akan memudahkan mesin mencarikan untuk anda.

Namun, alangkah baiknya memilih situs yang terpercaya dan berkualitas. Ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang memakai situs itu. Atau bisa juga dengan rekomendasi kerabat yang mungkin sudah menggunakan situs tersebut.

3. Cari situs dari rekomendasi teman

Selain otodidak mencari info soal penjualan rumah, ada baiknya anda juga mencari tahu dari orang terdekat. Mintalah pada teman untuk merekomendasikan situs online tempat jual beli rumah yang terpercaya. Atas rekomendasi teman ini, setidaknya anda bisa lebih tenang saat akan melakukan pembelian rumah secara online. Atau bisa juga dilakukan dengan melihat review situs. Apakah review yang diberikan baik atau buruk.

4. Sortir kebutuhan rumah

Hal ini dimaksudkan agar anda bisa lebih cepat memilih rumah. Saat anda sudah menemukan situs yang terpercaya, anda bisa segera mencari rumah impian. Caranya, anda hanya perlu mencari kriteria rumah sesuai kebutuhan. Terutama soal harga, fasilitas, dan juga kenyamanan. Saat anda mencari rumah, sertakan juga kisaran harga yang mampu anda beli.

Misalnya rumah dengan harga kisaran dibawah Rp 200 juta.  Atau kisaran harga yang lain. Ini akan memudahkan anda memilih rumah-rumah yang dijual. Jangan sampai anda sudah jatuh cinta dengan sebuah rumah namun harga yang ditawarkan ternyata tidak masuk di kantong anda. Jika rumah dirasa sudah oke dari segi penampakan, anda bisa segera melihat langsung.

5. Cek lokasi rumah yang dijual

Jika anda sudah memutuskan rumah mana yang hendak dibeli, ada baiknya anda melihat lokasi secara langsung bangunan tersebut. Hal ini agar anda nantinya tidak dirugikan. Anda harus memastikan rumah tersebut sama dengan apa yang ditawarkan di awal.

Dengan melakukan pengecekan ini, anda jadi bisa yakin untuk menempatinya. Anda juga tidak akan menyesal jika sudah melihat bangunannya secara langsung. Karena bagaimana pun nanti rumah tersebut akan anda tempati.

Cara Lain Membeli Rumah

Cara Aman Membeli Rumah Secara Online

Selain membeli rumah secara online, anda juga bisa membelinya secara langsung. Langsung di sini maksudnya mencari dengan melihat kondisi asli rumah. Anda berkeliling mencari rumah mana saja yang hendak dijual. Sayangnya, cara ini biasanya menghabiskan banyak waktu. Anda harus berkeliling dari satu tempat ke tempat lain untuk melihat mana saja rumah yang dijual.

Tapi dewasa ini ada cara lain untuk membeli rumah yakni dengan kpr bank. Cara ini sekarang banyak diambil terutama para pasangan muda. Ini karena ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika memilih cara ini di antaranya:

- Rumah pasti ada

Ya, rumah KPR sudah pasti ada dan bisa anda miliki asal anda memenuhi semua persyaratan yang ada. Anda hanya perlu membayar DP di awal kemudian melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu anda bisa memiliki rumah dan menyicilnya setiap bulan dalam waktu yang sudah di tentukan

- Legalitas kuat

Karena dilakukan pihak bank, legalitas dan kekuatan hukum transaksi ini jelas. Anda tidak akan ditipu atau dirugikan asal persyaratan dipenuhi. Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir soal urusan dokumen tanah dan lain sebagainya.

- Bisa cepat menempati

Bagi pasangan muda yang sudah buru-buru tinggal sendiri, pembelian rumah dengan cara ini sangat menguntungkan karena anda bisa segera menempati rumah asal sudah membayar DP.

Dengan memahami berbagai trik saat akan membeli rumah, anda tidak perlu lagi takut atau bingung mencari informasi soal penjualan rumah. Seperti tadi misalnya mencari rumah dijual di Sentul City, Anda yang hendak membeli rumah di Sentul City tak perlu lagi susah-susah untuk berkeliling daerah itu. Tentu tips tersebut akan memudahkan dan menghemat waktu anda.

0 komentar:

Posting Komentar