Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Ketika memiliki gangguan pendengaran sehingga anda harus menggunakan alat bantu dengar untuk membantu kehidupan anda sehar – hari, sangat penting bagi anda untuk mengetahui juga cara kerja alat bantu dengar yang akan anda gunakan. Secara umum, cara kerja alat bantu dengar di bagi menjadi dua yaitu secara analog dan digital. Perbedaannya terletak pada sinyal yang dihasilkan.

Jenis alat bantu dengar sangat lah bervariasi dengan menyesuaikan kebutuhan telinga anda. Setiap jenis alat bantu dengar memiliki fungsi masing – masing dengan harga alat bantu dengar yang terjangkau, menyesuaikan dengan jenis alat bantu dengar yang akan anda butuhkan. Berikut merupakan penjelasan lebih tentang cara kerja alat bantu dengar dibagi menjadi analog dan digital.

Alat Bantu dengar Analog.

Alat bantu dengar analog merupakan alat bantu dengar yang menghasilkan suara dengan proses analog atau secara terus - menerus. Cara kerja alat bantu dengar analog dengan cara mengubah suara menjadi sinyal elektrik yang diperkuat. Suara dikeraskan oleh alat bantu dengar analog ini hasil nya  tidak beraturan sehingga cenderung berisik karena masih tercampur dengan suara – suara lain. 

Hal tersebut menjadi salah satu kekurangan dari alat bantu dengar analog ini. Perangkat analog ini belum bisa memilah antara sumber suara utama dengan suara di sekitar nya yang bersifat mengganggu. Alat ini akan dibuat berdasarkan pesanan yang direkomendasikan audiolog atau yang telah di sarankan oleh dokter anda karena penggunaan alat bantu dengar sesuai dengan kebutuhan. 

Alat Bantu dengar Digital

Fitur yang dimiliki oleh alat bantu dengar digital lebih canggih. Pada dasar nya, fitur yang dimiliki analog juga dimiliki oleh alat bantu dengar digital, bahkan lebih canggih karena alat bantu dengar digital mampu mengubah suara menjadi sinyal digital berupa kode numerik yang dapat di proses komputer agar frekuensi tertentu diperkuat hingga dapat di program secara khusus.

Setelah itu, alat ini dapat memproduksi tiruan suara dengan akurasi yang tinggi, tidak hanya sekadar mengeraskan volume suara seperti alat bantu dengar analog. Alat ini juga lebih mudah di atur dan disesuaikan dengan lingkungan serta kebutuhan anda. Tetapi sebelum nya, anda juga perlu mempelajari cara kerja telinga agar membantu anda untuk memahami cara kerja alat bantu dengar.

0 komentar:

Posting Komentar