Minuman yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Minuman yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Bau mulut memang akan sangat mengganggu lawan bicara kita saat bercakap dengan mereka. Lucunya banyak orang yang mempunyai bau mulut tak sedap tidak menyadarinya kalau mulut nya bau, dan buruknya kebanyakan orang sungkan untuk mengingatkannya karena takut orang itu tersinggung.

Bau mulut biasanya disebabkan oleh tiga hal. Yang pertama adalah asam lambung, kedua karena cairan hasil pernapasan, serta yang ketiga disebabkan oleh volatile sulfur compound dari rongga mulut yang berasal dari bakteri sisa makanan. Hal tersebut disampaikan dokter gigi Academy of General Dentistry, Meineke. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui apa penyebab dan cara mengatasi bau mulut itu sendiri.

Jika selama ini banyak orang hanya tahu bahwa makanan saja yang bisa menyebabkan bau mulut, ternyata minuman juga bisa menyebabkan bau mulut lho. Minuman tersebut antara lain:

1. Kopi

Mungkin ini adalah minuman favorit banyak orang, sayangnya kopi bisa menimbulkan bau mulut karena kandungan sulfurnya yang memicu bau di dalam rongga mulut. Kafein pada kopi juga bisa menyebabkan mulut kering sehingga memperparah potensi bau mulut.

2. Akohol

Penelitian terbaru tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Microbiome, menganalisis sampel ludah lebih dari seribu orang sehat antara 55 hingga 84 tahun. Peneliti menemukan bahwa konsentrasi bakteri penyebab bau ternyata diperoleh dari bakteri dari minuman beralkohol.

3. Minuman berkarbonasi

Kandungan gula dan asam di dalam minuman berkarbonasi bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut sehingga menimbulkan bau asam yang tak sedap.

Dari daftar di atas, apakah di antaranya yang menjadi minuman favorit anda? Kalau iya, sebaiknya anda segera meminum air putih setelah meminum minuman tersebut. Karena air putih akan membilas dan membersihkan mulut anda dan mengurangi risiko mulut bau.

0 komentar:

Posting Komentar