3 Tips Memilih Penyedia Dana Cepat Tanpa Jaminan

3 Tips Memilih Penyedia Dana Cepat Tanpa Jaminan

Uang tidak akan jatuh begitu saja dari langit, apalagi jika Anda diam bermalas-malasan seharian di rumah. Anda tentu saja harus bekerja keras agar mendapatkan uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun karena harga berbagai kebutuhan naik setiap tahunnya, maka tak jarang gaji Anda tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, bahkan untuk keperluan mendesak sekalipun. Solusinya, Anda bisa melakukan pinjaman dana cepat.

Pinjaman dana cepat ini kini bisa Anda akses dimanapun tanpa harus pergi ke kantornya. Internet memberikan Anda kemudahan untuk melakukan transaksi peminjaman dana. Kini banyak perusahaan maupun lembaga yang menyediakan peminjaman dana online yang bisa diakses oleh siapa saja. Setiap penyedia pinjaman tentu saja memiliki aturan dan produk tersendiri, salah satunya yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman tanpa jaminan. 

Untuk melakukan pinjaman, biasanya Anda akan diminta untuk menggadaikan salah satu barang berharga Anda, seperti akta tanah, sertifikat rumah, kendaraan pribadi, alat-alat elektronik, dan lain-lain. Pinjaman dana tanpa jaminan tentu saja akan memudahkan Anda untuk melakukan  transaksi dana cepat. Pinjaman jenis ini biasanya memiliki  bunga yang tinggi sehingga membebankan penerima pinjaman. Namun hal tersebut tidak selalu demikian karena bergantung pada kebijakan setiap perusahaan.

3 Tips Memilih Penyedia Dana Cepat Tanpa Jaminan

Apa saja keuntungan dari pinjaman dana tanpa jaminan?

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa tidak semua perusahaan maupun lembaga yang memberatkan konsumennya dengan memberikan tarif bunga yang tinggi. Tentu saja pinjaman dana tanpa jaminan ini memiliki berbagai keuntungan yang bisa Anda rasakan, diantaranya:

1. Memiliki pencairan dana yang cepat, aman, dan mudah. Pencairan dana ini cenderung mudah dan aman karena telah disesuaikan dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh OJK. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih leluasa dalam melakukan pinjaman dengan nominal tertentu. Pastikan Anda memiliih perusahaan atau lembaga yang tidak abal-abal alias sudah terdaftar di OJK.

2. Tidak adanya jaminan. Hal ini tentu saja akan membuat Anda lebih lega karena tidak ada barang yang harus digadaikan. Bayangkan jika suatu saat Anda mengalami kendala dalam membayar angsuran, tiba-tiba barang Anda harus disita oleh pihak yang bersangkutan. Anda pun akan mengalami kerugian yang berlipat-lipat. Dengan pinjaman tanpa jaminan ini, Anda akan lebih tenang dan leluasa tanpa harus memikirkan barang jaminan.

3. Masa tenor yang bisa diatur. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa setiap bentuk peminjaman dana pasti ada jangka waktu pengembalian atau tenor. Anda bisa memilih jangka waktu mana yang sekiranya sesuai dengan kesanggupan pembayaran Anda. 

4. Bunga yang relatif kecil. Memang, tidak semua perusahaan memberlakukan kebijakan ini. Namun ada beberapa perusahaan yang memberikan bunga yang relatif kecil, sehingga Anda tidak akan terlalu terbebani dengan besaran bunga yang diberikan. 

Setelah Anda mengetahui berbagai keuntungan dari pinjaman dana tanpa jaminan, kini Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih penyedia dana tersebut. Meskipun banyak perusahaan yang menawarkan program dana cepat tanpa jaminan, namun setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda. Aturan tersebut bisa jadi merugikan jika Anda tidak jeli dalam memahami peraturannya. Oleh karena itu, simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Memilih penyedia dana yang terpercaya

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memilih penyedia dana yang terpercaya. Pastikan perusahaan penyedia pinjaman dana tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar stAndar operasionalnya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh OJK. Jika perusahaan tersebut belum terdaftar di OJK, kemungkinan besar akan adanya beberapa pelanggaran yang dilakukan perusahaan tersebut dan bisa merugikan Anda.

2. Memperhatikan bunga dan tenor yang diberlakukan

Hal penting yang harus Anda perhatikan yaitu bunga yang diberikan oleh pihak perusahaan. Pastikan ketika Anda meminjam dana, Anda bertanya terlebih dahulu berapa besaran bunga yang harus dibayar, jangan asal meminjam saja. Jika Anda tidak teliti, maka Anda sendiri yang akan menanggung akibatnya. Bisa Anda bayangkan jika bunga yang diberikan 1%-2% perharinya, maka Anda pun bisa kewalahan.

Selain itu, perhatikan juga jangka waktu pembayaran atau masa tenor yang diberikan. Pastikan perusahaan tersebut memberikan opsi tenor yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda mampu untuk membayar angsuran lebih banyak perbulannya, maka Anda bisa mengambil tenor pendek. Sebaliknya jika Anda hanya mampu membayar dalam jumlah sedikit, maka Anda bisa mengambil tenor yang lebih panjang.

3. Memahami SPHP (Surat Perjanjian Hutang Piutang)

SPHP atau Surat Perjanjian Hutang Piutang merupakan surat perjanjian transaksi pinjaman yang harus ditandatangani. Pada surat ini, biasanya akan dijelaskan hal-hal apa saja yang harus disepakati oleh kedua belah pihak. 

Pastikan Anda meminta detail rincian mengenai denda keterlambatan dan provision fee atau uang muka pada pihak perusahaan. Dengan memahami surat perjanjian ini, maka Anda pun tidak perlu khawatir mengalami masalah yang tidak diinginkan. 

Itulah ke tiga tips yang bisa Anda gunakan saat memilih penyedia pinjaman dana. CekAja.com atau https://www.cekaja.com/kredit menawarkan produk finansial berupa pinjaman dana cepat yang aman dan tanpa ribet, sehingga Anda bisa menikmati langsung kemudahan ini tanpa harus menunggu lama.

0 komentar:

Posting Komentar