Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital

Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital

Wakil Presiden Alibaba 2000-2008, Porter Erisman memberikan motivasi bagi siapa saja yang hendak memulai bisnis di era digital. Dia pun meluncurkan buku yang berjudul Alibaba's World, yang mengulas pengalaman jatuh-bangun yang dilalui Jack Ma saat membangun Alibaba.

Dia menegaskan bahwa hal pertama yang harus dimiliki setiap orang yang hendak melakukan usaha adalah kepercayaan diri terutama terhadap sektor bisnis yang akan digeluti.

"Percaya diri. Pesan penting, jangan pernah meremehkan dirimu sendiri. Jangan juga memandang kompetitornya secara berlebihan," ungkapnya dalam seminar bertajuk 'Winning The Fierce Competition in The E-commerce World: The Alibaba Story', di Perpusnas, Jakarta, Selasa (5/3).

Ketika Alibaba memulai bisnisnya di China, sebelumnya sudah ada perusahaan besar, yakni e-bay. Namun, kepercayaan diri dan inovasi, kata dia, merupakan kunci Alibaba untuk tumbuh sebagai perusahaan besar seperti saat ini.

Menurut dia dalam bisnis digital, inovasi merupakan hal yang penting. "Kamu dapat menantang pemain besar dengan inovasi yang kamu kembangkan sendiri," kata dia.

Hal berikut yang perlu diperhatikan adalah penting sekali untuk melihat problem yang ada di sekitar sebagai peluang bisnis. "Alibaba mulai ketika ada banyak problem di China. Setiap masalah adalah kesempatan, semakin besar masalah semakin besar kesempatan," jelas dia.

Dia mengakui, bahwa setiap pebisnis tentu ingin menjadi yang terdepan. Namun, hal yang paling penting adalah menjaga kualitas layanan. Pelayanan yang baik terhadap konsumen tentu akan membawa perusahaan naik peringkat dari waktu ke waktu.

"Ikuti pelangganmu dan yang lainnya akan ikut. Ujung-ujungnya, adalah bagaimana saya melayani mereka dengan baik," ujar Porter.

Para pebisnis, lanjut dia, harus bisa bergerak di dua sisi, yakni mampu bertindak cepat dalam mengeksekusi ide-ide bisnis. Namun saat yang sama juga memiliki kerangka bisnis jangka panjang.

"Kalian tentu harus bertindak cepat dan agresif dari hari ke hari dalam merancang dan mengeksekusi ide, tapi juga harus sabar dan memiliki program jangka panjang. Seperti yang dikatakan Jack Ma, jadilah secepat Kelinci tapi, sesabar Kura-kura," jelasnya.

"Perubahan besar seperti yang terjadi pada Alibaba itu tidak terjadi dalam satu malam," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar