Cara Memilih Rumah yang Nyaman di Perkotaan

Cara Memilih Rumah yang Nyaman di Perkotaan

Meski tinggal di tengah kota masih menjadi idaman setiap orang, namun belakangan ini area penyangga justru menjadi primadona. Berdasarkan riset dari 10 kawasan favorit hunian di Jabodetabek, spot pertama ditempati Bintaro yang lokasinya ada di pinggir Jakarta Selatan. Di peringkat tiga terdapat kawasan mandiri BSD disusul Gading Serpong, Tangerang.

Dengan pasaran harga jual yang relatif bisa dijangkau pekerja kalangan menengah, tidak ada salahnya untuk membidik salah satu kota satelit sebagai tujuan tempat tinggal.

Tapi, bagaimana caranya menemukan area yang pas? Melalui ulasan berikut, ada lima langkah yang patut diketahui dalam menemukan kawasan yang pas.

1. Fasilitas publik

Salah satu faktor utama yang membuat orang memilih area penyangga untuk bertempat tinggal adalah kelengkapan fasilitas publiknya. Coba cek apakah perumahan yang ingin dibeli memiliki lokasi dekat taman kota, pertokoan, atau objek wisata?

Di Gading Serpong, misalnya. Terdapat sejumlah objek wisata menarik untuk keluarga yang layak dikunjungi pada akhir pekan. Terbaru, masyarakat sekitar bisa menikmati hiburan Oriental Circus bertajuk ‘The Great 50 Show’.

Pengalaman menonton sirkus berbeda dan terbaik di Indonesia ini, bisa disambangi selama sebulan penuh, sejak 2 Februari – 10 Maret 2019 di Atria Park, yang masuk dalam kawasan Paramount Land.

Kehadiran hiburan sirkus ini merupakan hasil kerjasama Paramount Land dengan PT Ananta Harsa Group. Hans Manansang, Managing Director Ananta Harsa Group (AHG) menjelaskan, “Pertunjukan ini sarat akan kegembiraan, kerjasama, dan keanekaragaman seni. Berlangsung selama 2 jam dengan interval selama 20 menit, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp150 ribu–Rp 375 ribu."

Sementara itu, Ervan Adi Nugroho selaku Presiden Direktur Paramount Land mengungkapkan, “Event kali ini merupakan wujud komitmen kami dalam menyediakan sarana hiburan bagi masyarakat, khususnya di Gading Serpong. Sembari menikmati hiburan, pengunjung bisa sekaligus merasakan suasana residensial dan komersial yang telah dikembangkan."

"Kehadiran hiburan pun diharapkan mampu memperkuat eksistensi Kota Gading Serpong, sebagai salah satu pilihan destinasi hiburan bagi masyarakat, sekaligus meningkatkan potensi pariwisata di Tangerang, Banten," ujarnya lagi.

2. Adanya sekolah terdekat

Bagi keluarga muda yang baru saja memutuskan untuk membeli rumah pertamanya, sekolah patut menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi. Terlebih jika Anda ingin memilih sekolah unggulan untuk si buah hati.

Mungkin Anda masih asing mengenai kawasan baru yang akan ditempati, oleh karena itu coba cari informasi yang lengkap mulai dari sekolah dini, sekolah dasar, sampai dengan sekolah menengah pertama.

Informasi ini nantinya akan sangat berarti bagi Anda. Tidak hanya mudah mengantarkan buah hati sampai ke sekolah mereka, tapi properti yang punya lokasi dekat dengan pusat pendidikan akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Selain dekat dengan sekolah, apakah hunian yang diincar punya jarak tempuh kurang dari 500 meter dengan transportasi publik? Lalu berapa waktu yang dibutuhkan jika berkendara dari hunian ke supermarket atau pusat perbelanjaan besar?

Beberapa faktor tersebut wajib masuk dalam pertimbangan Anda. Untuk mengetahui informasi semacam itu, Anda tidak perlu repot-repot melakukan riset ke lokasi. 

Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan, bisa membantu Anda menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

3. Lingkungan yang menyenangkan

Bagi beberapa orang, lingkungan masyarakat kota penyanggah lebih menyenangkan. Dengan kekerabatan sosial yang masih kental, Anda bisa mengikuti beberapa acara dan bazaar komunitas yang ada di sekitar kawasan.

Cari tau acara apa yang akan berlangsung atau tradisi perayaan yang biasa dilakukan di sekitar perumahan. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari masyarakat setempat atau bahkan koran lokal.

4. Rencana proyek pembangunan

Jika Anda menganggap bahwa daerah penyangga terlihat kurang menarik, coba pikirkan proyek masa depan yang sedang dirancang!

Beberapa kota penyangga seperti Bodetabek kini tengah digempur oleh beberapa proyek infrastruktur yang terintegrasi satu sama lain.

Sebagai contoh, coba cek apakah titik rute LRT dan MRT nantinya dekat dengan perumahan yang sedang Anda bidik? Anda bisa mendapatkan informasi ini dari media masa atau website pemerintah.

Proyek pembangunan seperti taman, supermarket, dan tempat hangout lainnya juga tak bisa Anda pandang sebelah mata dalam mendongkrak harga jual properti di kemudian hari.

Sebagai contoh, Anda bisa membidik Cibinong dan Bekasi Timur yang nantinya akan terintegrasi dengan proyek kereta api listrik dan LRT.

5. Perasaan nyaman

Hal terakhir yang tak kalah penting untuk membuat Anda yakin untuk memilih lokasi pinggiran untuk tempat tinggal adalah rasa nyaman.

Jika Anda serius untuk membeli properti di area baru, coba lakukan survei langsung agar memahami area tersebut lebih mendalam.

Ajak keluarga untuk berjalan-jalan di sekitar perumahan, misalnya pertokoan atau taman dan berkomunikasi dengan warga setempat agar mendapat kesan yang objektif mengenai kawasan baru Anda.

0 komentar:

Posting Komentar